Jumat, 12 September 2014

Teks Dengan Efek Shadow & Lampu Neon

Tutorial : Teks Dengan Efek Shadow & Lampu Neon

Setelah sebelumnya saya telah menampilkan tutorial teks dengan fill gambar, kali ini akan ditunjukkan mengkreasikan tulisan bernuansa lampu neon transparan yang dipercantik dengan tambahan warna-warna menarik. Saya menggunakan Photoshop versi CS4 tanpa menggunakan bantuan efek tambahan. Jadinya bisa diterapkan pula pada Photoshop versi lain. Berikut langkah-langkahnya:


1. Background hitam
File>New, beri nama transparan, isi kolom Width 900 pixels, Height 650 pixels, lainnya biarkan sesuai default. Klik Ok. 


Gunakan Paint Bucket Tool untuk membuat background menjadi hitam.


Selanjutnya, buat agar warna background menjadi dua bagian. Klik Create A New Layer, Klik Rectangular Marquee Tool, tarik kotak tersebut hingga setengah dari background ke posisi ke bawah.
 Klik Gradient Tool>Gradient Editor, klik tombol kiri bawah dan ubah warnanya ke warna biru gelap, klik tombol kanan bawah ke warna biru gelap, klik OK untuk tutup.


 Tarik garis lurus mengarah ke bawah sepanjang pertengahan background, dan lepas.

 

 Maka hasilnya akan seperti ini



2. Buat tulisan

Klik teks Horizontal Type Tool, pilih font Calibri dengan ukuran yang disesuaikan dengan besarnya layar. Ketikkan DISTRICT dan posisikan tepat ditengah-tengah perbatasan warna. Pilih warna tulisan menjadi putih. Klik Move Tool, Klik Apply The Transformation dengan Yes.


3. Gandakan layer



Klik kanan pada Layer DISTRICT, pilih Duplicate Layer, klik OK. Akan tampil Layer DISTRICT Copy. Klik menu Edit>Transform>Flip Vertical. Klik Move Tool, dan geser tulisan DISTRICT yang terbalik dan posisikan agar tepat berada dibawah. Klik Move Tool dan Apply The Transformation.
Maka hasilnya akan seperti yang dibawa


4. Tambahkan layer

Klik Add Mask Layer, pada DISTRICT Copy. Klik Brush Tool, pilih ukuran 200, dan hapus bagian bawah hingga hanya timbul sebagian saja (lihat gambar).
 Dan hasilnya
Setelah selesai, geser Layer DISTRICT Copy tadi ke bawah Layer DISTRICT. Klik Layer DISTRICT dan tambahkan Add Layer Mask.


  Pilih Brush Tool, pilih ukuran 5 px, Opacity 30%, dan beri warna pada tiap-tiap ujung tulisan DISTRICT.


5. Efek tulisan


Klik Layer DISTRICT, klik kanan dan pilih Blending Options. Pada Advanced Blending, buat Opacity hingga ke angka 0 (hilang). Pindah ke pilihan Bevel And Emboss, ubah Style ke Pillow Emboss. Depth ke 266, Angle ke 90°, Highlight Mode ke Screen, Opacity 100%, Shadow Mode ke Normal dengan warna menjadi putih, dan Opacity-nya menjadi 50%. Pindah ke Outer Glow, pilih warna Gradient ke biru muda, dan Opacity ubah ke 100%, klik OK.





6. Noise background

Pilih ke posisi Layer 1, klik Filter>Noise>Add Noise. Ubah Amount ke 5, Gaussian, dan Monochromatic, klik OK. Selanjutnya hapus sebagian noise background, klik Eraser Tool, pilih Brush 200px dan Opacity 30%. Lalu hapus sebagian background seperti pada gambar.




7. Buat bayangan

Klik Create A New Layer, pada menu tool, klik Elliptical Marquee Tool, pilih Feather ke 15 px. Dan posisikan elips tersebut diantara tulisan DISTRICT dan bayangannya sesuai gambar. Pindah posisi warna hitam putih menjadi putih hitam. Klik menu Edit>Fill, jangan ubah apapun dan klik OK.


8. Efek kilau

Pindah ke Layer DISTRICT , klik Create A New Layer. Klik Brush Tool, klik Brush Editor, klik icon > dan pilih Assorted Brushes, dan klik OK. Pilih logo seperti akar dengan ukuran 50 (lihat gambar). Ubah diameternya menjadi 95 px dan Opacity ke 100%. Tempatkan lambang tersebut ke ujung tiap huruf pada tulisan DISTRICT sehingga memberi kesan efek kilau.
 hasilnya akan seperti
9. Warna lampu

Agar lebih menarik kita akan coba beri warna-warna seperti cahaya lampu. Pindah ke Layer 2, klik Create A New Layer. Pada Layer 4 kembali klik ke Brush Tool, klik Brush Editor dan klik icon > dan pilih Reset Brushes. Pilih Air Brush Soft Round 300, dan ubah ukurannya menjadi lebih besar yaitu 500 px, ubah Opacity ke 50%. Gunakan warna kuning, dan klik pada awal DISTRICT, ubah lagi warna jingga ke sebelahnya, ganti ke biru sebelahnya. Lakukan hingga tulisan DISTRICT tertutupi.

Selamat Mencoba.



Sumber : http://www.pcplus.co.id/2014/04/tutorial/teks-dengan-efek-lampu-neon/

1 komentar: